Sabtu, 19 Januari 2013

Jagalah Sholatmu...!!!


Kedudukan sholat
     Dalam Islam, sholat memiliki keistimewaan dan keutamaan yang tidak dimiliki oleh ibadah lainnya, sholat juga hubungan kedekatan seorang hamba dengan Alloh SWT, dimana hamba bermunajat kepada-Nya, ia adalah cahaya bagi kaum Mukminin saat berada di dalam kubur dan di padang Mahsyar. Ia pun adalah ruang kegembiraan dan penyejuk jiwa mereka serta penghapus  berbagai dosa dan kesalahan. Sholat juga merupakan tiang agama, jika ia tidak ada atau ditinggalkan maka agama akan runtuh. Dan masih banyak keutamaan lainnya diantaranya:
1.       Allah SWT menurunkan kewajiban sholat tersebut langsung dari atas langit kepada Rosul-Nya SAW tanpa perantara malaikat.
2.       Sholat adalah ibadah yang pertama yang akan dihisab pada hari kiamat.
Rosululloh  SAW bersabda:
“yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika ia baik, maka baiklah seluruh amalnya dan jika ia rusak, maka rusaklah seluruh amalnya.” (HR. ath-Thobroni dengan sanad hasan)
3.       Ketika rosulullah SAW akan menghembuskan nafasnya yang terakhir, beliau sempat berpesan dengan suara lirih “jagalah sholat, jagalah sholat dan hamba-hamba sahaya kalian.”
4.       Sholat adalah unsure pencegah yang kuat dari perbuatan keji (fahisyah)dan kemungkaran.
Allah SWT berfirman:
“Sesunguhnya sholat itu mencegah (pelakunya) dari perbuatan keji dan mungkar.” (QS. Al-‘Ankabut [29]:45)
5.       Sholat adalah kewajiban yang paling banyak disebutkan dalam Al-Qur’an.
Ancaman bagi yang meninggalkan sholat
Selain keistimewaan dan keutamaannya tersebut, ancaman banyak disematkan kepada orang-orang yang meninggalkan sholat, di antaranya:
1.       Baragsiapa meninggalkan sholat dengan sengaja, maka ia telah kafir dan keluar dari Islam.
Rosulullah SAW bersabda:
“Perjanjian antara kita dengan mereka adalah sholat; barangsiapa yang meninggalkannya, maka ia benar-benar telah kafir.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa’I, Tirmidzi dan Ibnu Majah)   
‘Abdullah bin Syaqiq Rohimahulloh (seorang Tabi’in) berkata:
“Para sahabat SAW berpendapat tidak ada satu pun amal yang ditinggalkan menyebabkan kekafiran, selain sholat.”
2.       Tidak boleh disholatkan jenazahnya, dimintakan ampun dan Rohmat untuknya serta tidak boleh dikuburkan di pemakaman kaun Muslimin.
3.       Pada hari kiamat, ia akan dikumpulkan bersama tokoh-tokoh kafir karena termasuk dari golongan mereka.
Rosulullah SAW bersabda tentang sholat:
“Barangsiapa yang menjaganya, maka ia menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari kiamat. Dan barang siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak akan mendapatkan cahaya, bukti dan keselamatan, dan pada hari kiamat ia akan bersaman Qirun, Fir’aun, Haman dan Ubay bi n kholaf.” (HR. Ahmad, Thobroni dan Ibnu Hibban dengan sanad jayyid)  
4.       Dibakar di api neraka selama-lamanya.
Saudaraku kaun Muslimin dan Muslimat…
                Jagalah sholat kalian agar kalian selamat di dunia dan di akhirat. Tiada kebahagiaan tanpa sholat. Sholat adalah obat penerang yang ampuh sekali. Karena padanya terkumpul dzikir-dzikir luhur yang menjadi penenang hati yang terampuh.
Alloh SWT berfirman:
Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah-lah (berdzikir) hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ro’d [13]:28)

*dikutip dari Kartu Dakwah HASMI (Harakah Sunniyyah untuk Masyarakat Islami ) edisi 14.

0 komentar:

Posting Komentar