Jumat, 26 Juli 2013

Santunan dan Iftar Jama'i Bersama Anak Yatim dan kaum Dhua'fa


Manusia hidup sebagai makhluk individu dan sosial, dimana sebagai individu yaitu beribadah kepada Alloh Subhanahu wa ta’ala, dan di kehidupan sosial manusia saling tolong – menolong. Sesungguhnya Alloh Subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan kepada seluruh ummat manusia untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan. Yang kuat membantu yang lemah dalam pekerjaan, yang pintar membantu yang bodoh dalam belajar, yang mampu membantu yang kurang mampu dengan suasana kekeluargaan dan kasih sayang. Menolong sesama dalam kebaikan wajib hukumnya, terlebih bagi mereka yang mampu untuk membantu yang kurang mampu. Sebagaimana yang tertuang dalam firman Alloh Subhanahu wa ta’ala berikut ini :
Tahukah kamu orang yang mendustakan agama, yaitu orang yang menghardik anak yatim (tidak menghiraukan) dan enggan memberi makan orang miskin”
(QS. Al-Maa’un ayat 1-3).
Begitu tegasnya Alloh Subhanahu wa ta’ala kepada mereka yang tidak menghiraukan anak yatim dan memberi makan orang miskin, jadi, sebagai seorang muslim/muslimah yang beriman dan bertaqwa diwajibkan untuk menolong orang miskin dan menyantuni anak yatim.
Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً
Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

Untuk itu, kami mengajak Bapak/Ibu/Sdr/I para dermawan, marilah kita mengeluarkan sedikit rezeki kita yang menjadi hak mereka para anak yatim, orang miskin, dan kaum dhu’afa. Sehingga kita tidak termasuk dalam orang yang mendustakan agama, dan semoga Alloh Subhanahu wa ta’ala berkenan untuk mempertemukan kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Surganya Alloh Subhanahu wa ta’ala seperti yang tertera dalam hadist di atas.
Ifthor (berbuka puasa bersama) adalah kegiatan buka bersama yang dilakukan HASMI DPC CIKARANG bersama dengan masyarakat muslim di sekitar dan Insya Alloh beserta 30 anak yatim dan kaum Duafa yang berlangsung pada Ramadhan 1434H. Acara rutin ini diadakan setiap pertengahan Bulan Ramadhan sebagai salah satu agenda kegiatan HASMI (Harakah Sunniyyah Untuk Masyarakat Islami) DPC CIKARANG.
Kegiatan buka bersama di isi dengan berbagai macam acara diantaranya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Ceramah, Buka bersama, Pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa, dan pembagian bingkisan.

Waktu dan Tempat Kegiatan
            Tanggal           :  Ahad, 28 Juli 2013
            Waktu             : 16:00 - selesai
            Tempat            : Kediaman Bapak Sa’ari Agus, Kp. Jagawana RT001/007
                                      Ds Sukarukun Kelurahan Sukatani, Cikarang Utara, Bekasi

1 komentar: